HMI MEDIS UMM

Jagalah lidahmu

Posted by J Senin, 03 Februari 2014 0 komentar

Sahabatku, dalam tulisanku ini kupersembahkan nasehat ini buatku dan buat para sahabatku yang sempat membaca tulisan ini. Sungguh tiada yang bisa aku berikan kepada kalian kecuali untaian nasehat ini. Rasulullah sering berpesan kepada kita "Jagalah Lidahmu".
Sungguh lidahmu tidak bertulang tapi lebih tajam dari pisau dan pedang. Lidahmu sungguh lunak tapi apabila kamu tidak bisa menjaganya dia bisa menyakiti orang lain. Maka jagalah Lidahmu.

Bahkan Allah telah berfirman dalam surah An-Nahl : 116, yang berbunyi :
Dan janganlah kamu mengatakan terhadap apa yang disebut-sebut oleh
lidahmu secara dusta "Ini halal dan ini haram", untuk mengada-adakan kebohongan terhadap Allah. Sesungguhnya orang-orang yang mengada-adakan kebohongan terhadap Allah tiadalah beruntung. (QS. An-Nahl : 116)
"Lidahmu adalah Harimaumu" begitulah orang bilang. lidah itu sungguh lembut, tapi ia bisa menjerumuskanmu dalam murka-Nya. bahkan Rasulullah telah mengingatkan kita dalam sabdanya :
"Bukan akhlak seorang mukmin berbicara dengan lidah yang tidak sesuai kandungan hatinya. Ketenangan (sabar dan berhati-hati) adalah dari Allah dan tergesa-gesa (terburu-buru) adalah dari setan. (HR. Asysyihaab)"

Menjaga lidah dari perkataan yang menyesatkan dan tidak bermanfaat adalah ciri seorang mukmin yang baik. Mukmin yang baik akan selalu menjaga lidahnya untuk terus berdzikir kepada Allah. maka sepatutnya kita sebagai seorang hamba untuk selalu menjadi mukmin yang selalu menjaga lidahnya.
Bahkan Rasulullah berpesan kepada kita :
Bertaqwalah kepada Allah karena itu adalah kumpulan segala kebaikan, dan berjihadlah di jalan Allah karena itu adalah kerahiban kaum muslimin, dan berzikirlah kepada Allah serta membaca kitabNya karena itu adalah cahaya bagimu di dunia dan ketinggian sebutan bagimu di langit. Kuncilah lidah kecuali untuk segala hal yang baik. Dengan demikian kamu dapat mengalahkan setan. (HR. Ath-Thabrani)

sahabatku bukankah saling mengingatkan untuk kebaikan adalah tanda cinta seorang kepada sahabatnya? maka sepatutnyalah bagiku untuk saling menasehatimu dalam kebaikan.
Menjaga lidah ini untuk membicarakan kebaikan dan menasehati dalam kebaikan adalah lebih baik dari pada membicarakan tentang hal yang tidak bermanfaat. Bukankah berbicara tentang kebohongan adalah tanda kemunafikan? sungguh pandai bersilat lidah adalah hal yang ditakutkan oleh Rasulullah, seperti dalam sabdanya : "Yang paling aku takutkan bagi umatku adalah orang munafik yang pandai bersilat lidah. (HR. Abu Ya'la)".
Semoga dari uraian nasehat ini, bisa menjadikan kita Hamba-Hamba yang selalu menjaga lidahnya dari berbohong, menyakiti sahabatnya, dan hal-hal yang dimurkai oleh Allah ta'ala. Semoga kita semua dijadikan muslim yang Taat. Aamiin...

Nasehat buat Sahabat :





MOTTO
"Hidup tanpa tantangan tidak patut untuk dijalani, karena layang-layang terbang bukan mengikuti arus tapi justru menentangnya"
#salam PersahabatanRelated Posts Plugin for WordPress, Blogger...

0 komentar:

Posting Komentar

LIKE FANPAGE INDAHNYA PERSAHABATAN

KELUARGA HIMPUNAN

KELUARGA HIMPUNAN

Total Pengunjung